Arsitek Gratis Online

Foto saya
Nikmati Jasa Gratis Perancangan Arsitektur Hunian melalui email arsitekgratisonline@gmail.com dan dapatkan portfolio kerja kami di Arsitekgratisonline.blogspot.com . Kami melayani konsultasi konsep arstitektur, desain interior, rencana anggaran, solusi pembangunan untuk rumah hunian Anda. Silahkan nikmati pelayanan gratis ini sebaik-baiknya. -Salam kreatif-

Letters

8 Nov 2009

Sayembara Rujak [Konsep Ruang Luar]

Sayembara rujak makin dekat tenggat waktunya... Tanggal 20 november bukan waktu yang sebentar lagi untuk produksi sebuah karya yang matang dan terencana seluruh elemennya. Dan pada artikel kali ini, adalah jurnal mengenai perencanaan dan perancangan pada ruang luar. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam pengerjaan sayembara ini, Wiwied dan rekan, Bu Dhiah membagi tugas menjadi dua pekerjaan. Wiwied mengerjakan ruang luar, sementara Bu Dhiah mengerjakan bangunan/massa hunian. Perlu diingatkan bahwa pambagian kerja ini tidak memperlemah kesatuan perancangan, karena sudah dilakukan pengkajian total pada konsep peletakan massa, konsep blok massa, serta konsep gubahan bentuk massa. Dan pada pengkajian itu, semua bentuk interaksi bangunan terhadap lahan perancangan dan ruang luar sudah terdefinisi.

Selanjutnya, dalam mengolah ruang luar diperlukan kejelian dan penghayatan untuk alur sirkulasi yang terjadi di atas lahan. Pembentukan garis-garis imajiner untuk melambangkan akses diperlukan sebagai langkah awal. Baru kemudian, eksplorasi selanjutnya adalah menentukan bagaimana penegasan bentuk ruang sirkulasi yang bertugas memberi kenyamanan pada pengguna untuk mengakses alur-alur tersebut.
Gambar di atas merupakan gambar akhir dari skematis perancangan ruang luar dan elemen ruang luarnya. Disini, elemen ruang luar itu mencakup pola perkerasan, pola penghijauan, pola sirkulasi tangga, pola pembentukan ruang-ruang seperti fungsi parkir sepeda, titik penempatan signage dan lampu taman, serta penentuan elemen estetika lain yang bisa berfungsi untuk menyembunyikan area servis dari pandangan penghuni.

2 komentar:

My Blogroll