Arsitek Gratis Online

Foto saya
Nikmati Jasa Gratis Perancangan Arsitektur Hunian melalui email arsitekgratisonline@gmail.com dan dapatkan portfolio kerja kami di Arsitekgratisonline.blogspot.com . Kami melayani konsultasi konsep arstitektur, desain interior, rencana anggaran, solusi pembangunan untuk rumah hunian Anda. Silahkan nikmati pelayanan gratis ini sebaik-baiknya. -Salam kreatif-

Letters

11 Okt 2009

RAB -Rencana Anggaran Biaya-

Bapak Toman adalah seorang teman yang bergelut di dunia sejuta profesi yang intinya adalah seorang MARKETING serbabisa. Bapak Toman dengan rekannya, mbak Wawa, kali ini memberikan pekerjaan penyusunan RAB –Rancangan Anggaran Biaya- yang dilengkapi dengan gambar denah, tampak dan siteplannya.

Tidak ada yang rumit dari pengerjaannya dengan waktunya yang sangat terbatas, yaitu kurang dari 48 jam. Efektif kerja yang dilakukan perancang pun hanya 8 –delapan – jam. Waktu yang singkat ini memungkinkan karena sebelumnya, klien (perancang tidak bertemu dengan kliennya langsung) tersebut sebelumnya pernah meminta perancang mengerjakan pekerjaan yang sejenis, dengan data entri –harga material- yang sama pula.

Mulanya, Bapak Toman dari lokasi klien –Cibinong- mengirimkan fax ke kantor perancang, yang isinya adalah Single-Line Drawing (gambar denah ruangan yang masih menggunakan satu garis dengan dimensi ukuran yang diperlukan). Perancang mempelajari denah ini, untuk kemudian di gambar (denah, tampak bangunan) dalam software Autocad2006.



Perancang dalam kasus ini tidak diminta untuk merancang arsitektural ruangan, tapi hanya diminta untuk menggambar ulang secara terukur dan sistematis, sebagai rujukan untuk menyusun RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

Gambar Autocad ini diperlukan sekaligus untuk menentukan dimensi dan jumlah unit dari beberapa elemen bangunan. Seperti : Jumlah Kolom Struktural berdasar titik penempatannya, Luas meterpersegi untuk pekerjaan lantai dan dinding, Jumlah Bukaan seperti Pintu dan Jendela yang sudah ditentukan pula dimensi kusen dan kaca yang digunakan, serta jumlah kayu untuk struktur kuda-kuda atap.



RAB dibuat dengan mengalikan volume (setelah proses analisa struktur) material dengan harga material per meterkubik nya. Secara sistematis, tabulasi ini disusun berurutan sesuai dengan jenis pekerjaan konstruksi bangunan rumah.

Perancang dalam kasus ini, diberi tugas dan perintah dengan keterangan bahwa : luas lantai bangunan adalah +90 m2, dan nilai total harga bangunan harus diatas Rp 260.000.000,-. Dan ini digunakan sebagai rujukan utama bagi perancang agar dianggap menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.

Hasil Akhir dari Kasus ini yang dikerjakan oleh Perancang :
- Luas Total Lantai Bangunan : 90 m2
- Harga Total Bangunan : Rp 286.000.000,- (klien mengatakan, lebih tinggi maka lebih baik)  Pekerjaan ini dibutuhkan Klien untuk melaksanakan permohonan kredit bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Blogroll